Kandungan zat alami pada lintah hirudo medicinalis

Lintah merupakan salah satu hewan yang sering dilibatkan dalam terapi pengobatan, terapi yang saat ini mengandalkan hewan ini untuk media terapinya adalah terapi sedot lintah. Beberapa tempat diindonesia yang membuka terapi ini mulai kebanjiran pasien, pasalnya setiap harinya pasien bertambah dan jumlah tempat praktek tersebut hanya terbatas. DiIndonesia sendiri hanya beberapa kota saja yang baru bisa ditemui tempat terapi sedot lintah, diantaranya Jakarta, Bandung, Depok, Yogyakarta, Bogor, dan Surabaya.

 

Bagi beberapa orang mungkin masih asing dengan nama terapi sedot lintah. Terapi ini menggunakan hewan lintah sebagai sarana untuk menyedot darah pasien yang mengalami masalah tertentu, biasanya pasien yang ditangani menderita penyakit dikulit diantara seperti bisul, jerawat, herpes dan bahkan sakit gigi.

Mungkin dibenak anda masih bertanya tanya kenapa lintah digunakan untuk terapi pengobatan? Karena tidak mungkin ada hewan yang digunakan sebagai media terapi tanpa mempunyai manfaat sama sekali. Pertama ketahuilah bahwa lintah mempunyai kandungan zat seperti hirudin, histamin, thrombin, hyaluronidase, dan anti kolagen, kandungan zat tersebut mempunyai kegunaan dan perannya masing masing.

Dimulai dari zat hirudin, zat ini memiliki fungsi untuk memperlancar peredaran darah yang tersumbat. Bahkan zat hirudin sering digunakan untuk keperluan medis operasi syaraf kecil. Operasi syaraf kecil seperti operasi telapak tangan dan telapak kaki.

Dan yang kedua adalah thrombin, thrombin berfungsi untuk membekukan darah. Dimana jika terjadi luka pada tubuh zat ini berguna untuk menghentikan darah, sehingga luka tersebut bisa segera sembuh. Selain itu lintah juga mengandung zat hyaluronidase yang fungsinya seperti obat bius, jadi dapat mengurangi rasa sakit pada luka.

Dan yang terakhir adalah anti kolagen, tahukah anda bahwa beberapa perusaan kosmetik dibeberapa negara menggunakan lintah sebagai bahan campuran pembuatan kosmetik yang diproduksi. Lintah digunakan untuk campuran pembuatan kosmetik karena mengandung anti kolagen yang berguna untuk menunda penuaan dini, menyamarkan noda atau flek hitam pada kulit dan mengencangkan kulit. Karena itulah perusaan kosmetik menggunakan lintah sebagai bahan baku pembuatannya.

Itulah sedikit artikel singkat mengenai kandungan minyak lintah yang berguna untuk terapi pengobatan dan beberapa keperluan lainya, semoga sedikit informasi diartikel ini dapat menambah wawasan ilmu yang berguna bagi kita bersama.